Kisah Petualangan di Negeri Asia Timur-Tenggara

Kota Taipei, Taiwan

Setelah menghabiskan musim panas melayani di Afrika timur yang dilanda perang, di mana saya tidur di tenda selama dua dari tiga bulan saya berada di sana; Saya kembali ke Amerika Serikat untuk memulai pendidikan hukum. Jauh lebih tidak neko-neko dan bagi saya sulit untuk bergairah, saya berjuang di tahun pertama sekolah hukum saya. Meskipun saya lulus semester pertama kursus oleh kulit gigi saya, nilai rata-rata saya cukup mengecewakan bagi seseorang yang berpikir untuk membuat hukum praktik karir.

Untungnya, butuh beberapa bulan untuk ujian akhir semester kedua kami untuk dinilai dan diposting. Karena itu saya dengan itikad baik mengejar program magang hukum internasional dan program musim panas di Universitas Hong Kong. Terletak di puncak Victoria yang indah, saya menyelam lebih dalam ke dunia akademis dan hukum internasional.

Apa yang unik tentang tiga bulan di Hong Kong selama musim panas 1995 adalah bahwa pemerintah Inggris masih berkuasa. Setelah melakukan perjalanan ke pengadilan tinggi, saya melihat hakim Tiongkok memakai wig gaya Inggris putih. Itu adalah situs yang lucu dan langka untuk dilihat.

Gairah saya khususnya membantu orang yang tertindas di negara-negara yang terlupakan di mana hak asasi manusia mereka dilanggar. Sayangnya saya belajar dari profesor hukum saya di Hong Kong bahwa perjanjian internasional untuk menegakkan hak asasi manusia jarang ditegakkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa atau siapa pun secara global. Bagi saya yang semakin mengurangi relevansi hukum internasional dan minat saya dalam mempelajarinya.

Pada masa itu kelompok agama tertentu menyelundupkan Alkitab dari Hong Kong ke Shenzhen, China. Saya diminta untuk berpartisipasi, yang saya lakukan. Hari penyelundupan Alkitab itu jauh lebih menyenangkan daripada seluruh musim panas saya yang terkubur dalam buku-buku hukum di Hong Kong.

Setelah kembali ke rumah setelah berhasil menyelesaikan program magang dan akademik musim panas saya, saya membuka surat yang mengecewakan dari sekolah hukum saya yang mendorong saya untuk menarik diri berdasarkan nilai rata-rata saya yang rendah.

Bertanya-tanya apa yang sekarang akan saya lakukan dengan hidup saya, ketika berjalan pulang ke apartemen Brooklyn Heights saya, saya mendengar suara. "Pergilah pemuda timur! Pergi ke timur!"

Dicekam oleh apa yang saya dengar, saya memutuskan untuk pergi ke Chinatown minggu itu. Setelah melakukannya, saya bertemu dengan seorang Pendeta Cina yang segera menawari saya pekerjaan untuk bepergian bersamanya di seluruh Asia dan menjadi guru bahasa Inggrisnya. Tanpa ragu-ragu saya dengan senang hati menerimanya. Tidak lama kemudian saya menemukan diri saya di Taipei, Taiwan.

Taiwan

Di seberang jalan dari apartemen baru saya, Chiang Kai-shek Memorial Park menghormati pemimpin revolusioner Cina yang mendirikan Taiwan secara pemerintah. Menderita karena jet lag pada minggu pertama saya di Taiwan, saya bepergian ke luar mencari beberapa makanan ketika saya menemukan taman yang indah di seberang jalan.

Banyak orang berolahraga, menikmati udara pagi yang sejuk. Tai chi adalah favorit tertentu, yang saya lihat baik laki-laki dan ketika melakukan dengan konsentrasi dan ketelitian maksimal. Seni bela diri internal Cina sering dipraktekkan untuk kesehatan dan umur panjang. Gerakan lambat dan cair memfasilitasi keharmonisan internal dan kesatuan dalam.

Sebelum hari kerja dimulai, pengibaran bendera nasional, bersama dengan salut tentara terjadi setiap hari. Sangat menyenangkan bisa melihat dan melihat. Meskipun saya belum dapat berbicara bahasa Mandarin, apa yang saya lihat dengan mata saya memikat hati saya dan memberikan rasa hormat yang mendalam terhadap budaya Tiongkok.

Dengan alasan hubungan saya dengan Pastor Ko dan orang bijak terkemuka lainnya, saya segera menjadi pembicara yang sangat dicari. Orang lain di seluruh Asia mulai mendengar saya dan mengundang saya ke negara mereka.

Myanmar


Perjalanan saya ke Burma adalah operasi yang agak rahasia mengingat di mana saya diundang untuk berbicara dianggap sebagai "area gelap" di mana orang asing tidak diizinkan. Namun demikian setelah bertemu dengan kontak awal saya di Rangoon, kami dapat menukar mata uang nasional yang bermasalah dan mengamankan penerbangan domestik ke tujuan terpencil.

Tidak ada listrik. Aku tidur di kasur yang meluap di bawah kelambu, sementara tikus besar merangkak di atas kepala di malam hari. Kami menggantungkan persediaan kami yang sedikit dan buah dari seutas tali untuk menjaga agar tikus tidak sampai ke mereka pada malam hari.

Ketika saya bangun di pagi hari, selalu ada kotoran tikus segar di kelambu saya. Namun demikian saya senang untuk menanggung penderitaan ringan seperti itu mengingat tanggapan luar biasa dari orang-orang ketika saya berbicara kepada mereka tentang pemberdayaan pribadi dan menjadi pengubah dunia.

Karena Universitas telah ditutup di Burma, siswa melakukan apa pun yang mereka bisa untuk melanjutkan pendidikan dan pengembangan profesional mereka. Itu sebabnya mereka sangat antusias mendengar saya berbicara.

Secara historis, pelajar dan biarawan protes damai di Burma berakhir dengan kebrutalan dan pembunuhan. Namun, yang paling mengganggu saya adalah kurangnya kesempatan bagi pemuda yang cerdasdi seluruh negara. Para pemimpin agama dari biara-biara memohon nasi setiap hari di jalan-jalan di Rangoon. Demokrasi tidak akan ditoleransi karena mereka yang berkuasa bertekad untuk bertahan selama mungkin.

Yang paling menyentuh hati saya adalah kerendahan hati dan rasa lapar orang dewasa muda untuk mendekat kepada orang asing untuk belajar apa pun yang mereka bisa. Kerinduan akan pengetahuan dan pengembangan diri sangat menggerakkan hati saya untuk berkomitmen melakukan semua yang dapat saya lakukan bagi pemuda Burma. Saya berdoa agar kebebasan di dalam hati para pemuda dan para bhikkhu di Burma dapat dengan kemenangan menang dan mengubah negara yang mereka cintai.

Setelah mencapai batas dua puluh delapan hari saya di visa saya di Burma, saya dipaksa untuk meninggalkan negara itu. Perhentian saya berikutnya adalah Thailand, negara yang indah dengan banyak penyimpangan seksual.

Thailand


Tidak pernah dalam hidupku aku melihat prostitusi terbuka seperti yang terjadi di Bangkok dan Phuket. Pelacur dan waria secara bebas mendekati orang-orang di jalanan yang meminta pembayaran untuk kesenangan seksual. Umumnya wanita dan "lady-boys" mendekati saya mengucapkan kata-kata kotor dan menjual jasa.

Angkatan Laut AS dan Marinir tiba di Phuket dengan senang berpesta dan mengambil beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Beberapa pria layanan berteman dengan gadis-gadis lokal. Saya hanya bisa membayangkan berapa banyak orang asing mabuk bangun di pagi hari hanya untuk menemukan mereka telah tidur dengan seorang waria.

Di luar wakil prostitusi, Thailand secara keseluruhan adalah tempat yang indah untuk berlibur dan berkunjung. Makanannya fantastis. Orang-orangnya ramah. Pantainya luar biasa. Di antara pulau-pulau yang saya kunjungi adalah Krabi dan Phee-Phee, yang terakhir menghantam paling keras oleh tsunami.

Seorang pemilik restoran Eropa memberi tahu saya cerita tentang wanita muda Burma yang diculik atau dijanjikan bekerja di resor kelas atas. Setelah gadis-gadis Burma dibawa ke kota-kota, paspor mereka diambil dan mereka secara paksa menjadi sasaran prostitusi. Saya diberitahu bahwa begitu para remaja putri terkena HIV atau beberapa penyakit seksual, mereka dibawa kembali ke perbatasan Burma, diberi suntikan yang fatal, dan dibiarkan mati.

Pelanggaran HAM semacam itu jarang diperjuangkan mengingat terbatasnya peluang ekonomi di Burma. Dikatakan bahkan di sepanjang wilayah timur laut keluarga Thailand menjual anak perempuan mereka sendiri ke dalam prostitusi untuk menghasilkan uang.

Meskipun saya melihat banyak wanita muda yang cantik, saya berhasil menahan diri dengan gembira. Saya tidak tertarik untuk menangkap penyakit seksual, yang saya katakan cukup umum di seluruh Thailand.

Malaysia


Saya melakukan perjalanan lebih jauh ke selatan ketika saya menerima undangan untuk berbicara di Penang, Malaysia. Segera setelah memasuki Malaysia, saya dapat merasakan ada tangan pemerintah yang lebih kuat di atas tanah. Saya menemukan Muslim di Malaysia sangat ramah dan hormat.

Petualangan terbesar saya bepergian ke Malaysia Timur, di mana saya berbicara di beberapa desa miskin. Orang-orang yang berharga sangat percaya takhayul, mempraktikkan berbagai voodoo seperti pengamatan yang baru saja saya lihat di Haiti. Beberapa mengklaim bahwa mereka dilecehkan dan diganggu oleh roh-roh jahat. Oleh karena itu saya berbicara tentang pentingnya menjaga hati Anda, kemurnian pribadi, dan hidup tanpa rasa takut.

Penduduk desa sangat gembira memiliki saya sebagai tamu mereka dan memasak hidangan yang tak terhitung banyaknya bagi saya untuk dijadikan sampel. Kemiskinan mereka tidak berarti menghalangi keramahan ramah mereka, baik kemurahan hati mereka. Saya tidak akan pernah melupakan kelembutan hati yang ditunjukkan orang Malaysia kepada saya.

Salah satu pengunjung tak terduga yang muncul di rumah sederhana tempat saya tinggal adalah seekor monyet. Selama pecahnya ensefalitis Jepang ketika militer membantai semua babi, banyak yang khawatir tentang hewan lain tertular virus. Syukurlah kami tidak pernah jatuh sakit dengan penyakit itu dan terus melanjutkan wabah itu tanpa cedera.

Brunei


Sementara di Malaysia Timur (Pulau Borneo), undangan datang untuk berbicara di Brunei. Negara kecil dan kaya minyak ini tidak memiliki banyak hal untuk dilakukan secara sosial pada malam hari, tetapi orang-orang semua sangat sopan dan rajin. Shell Oil dan kontraktor minyak lainnya sering mengunjungi negara kecil untuk berbisnis.

Yang paling mengejutkan saya adalah melihat lebih dari tujuh puluh orang selai dikemas dalam sebuah rumah kecil untuk mendengar saya berbicara. Acara ini diselenggarakan oleh persekutuan Kristen yang secara hukum tidak diizinkan untuk bertemu secara terbuka.

Ketika saya bertanya lebih lanjut mengenai hukum-hukum Brunei, saya diberitahu bahwa hanya orang Katolik dan Anglikan yang secara sah diberi wewenang untuk melakukan upacara-upacara Kristen. Brunei tidak mengizinkan kelompok agama lain untuk memiliki gereja atau sekolah.

Saat itulah saya menyadari betapa berharganya kebebasan berpikir dan berekspresi, yang tanpanya tidak ada demokrasi atau pemerintahan yang adil untuk melayani rakyat. Kebebasan suci yang kita di Barat begitu biasa menerima begitu saja sangat dihargai dan hanya berharap untuk di luar negeri di negara-negara seperti Brunei.
Meskipun Brunei memiliki ekonomi yang makmur, itu adalah "negara kering" yang berarti tidak ada minuman keras yang dijual di negara ini. Tentunya melarang penggunaan alkohol memiliki manfaatnya. Tidak ada insiden mengemudi dalam keadaan mabuk untuk membahayakan orang, tidak ada penyalahgunaan zat berlebihan. Sebagai orang yang tidak minum sendiri, pembatasan seperti itu tidak ada kaitannya dengan saya.

Namun demikian sebagai penjelajah dunia tur Asia, hukum Brunei yang membatasi agama dan konsumsi sangat terlihat. Pada catatan yang lebih menyenangkan, taman tema gratis yang dibangun sultan untuk digunakan oleh semua orang di pusat negara adalah ledakan! Anak-anak dan orang dewasa dari segala usia bersukaria dan menikmatinya sangat banyak! Harapan saya, kemurahan hati sultan akan meluas menjadi kebebasan sosial bagi rakyat Brunei.

Indonesia


Setelah meninggalkan Brunei, kami berangkat ke Jakarta, Indonesia. Sebagai surfer Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, dengan cepat menjadi negara favorit saya di Asia. Mengingat saya tidak punya banyak uang untuk bepergian, hotel murah dan biaya hidup minimal membuat Indonesia sangat nyaman bagi saya.

Lebih baik orang-orangnya sangat dermawan. Di mana pun saya berbicara, saya selalu pergi dengan lebih banyak uang daripada saya datang. Saat akan memotong rambut di salon, saya terkejut saat menemukan refleksologi. Pijat kaki sangat populer di seluruh Indonesia dan hanya biaya sekitar% 245 hingga% 2410 tergantung di mana Anda pergi.

Setelah berolahraga dengan baik di klub kesehatan hotel, saya bahkan berhasil mendapatkan pijat seluruh tubuh selama satu jam hanya dengan% 2410 hingga% 2415 USD. Saya tiba-tiba merasa seperti seorang raja, meskipun saya hidup dengan anggaran orang miskin.

Ketika bepergian ke berbagai daerah di Jakarta, sopir taksi saya menunjukkan kepada saya sebuah hotel bekas yang telah dibom selama kerusuhan beberapa tahun yang lalu. Bangunan itu benar-benar hancur. Saya diberitahu bahwa teroris Islam telah meledakkannya untuk mengantisipasi Presiden Clinton dan orang Amerika lainnya berada di sana.

Saya belajar tentang kerusuhan Mei di mana para pengusaha Cina juga menjadi sasaran ekstremis Muslim yang merusak rumah mereka dan berusaha membunuh mereka. Seperti jarum jam setiap bulan Mei, orang Tionghoa akan meninggalkan negara itu karena khawatir akan kehidupan mereka.

Tampaknya orang Cina yang tinggal di Indonesia membuat penduduk setempat cemburu. Ketajaman bisnis mereka dan kecerdasan cerdik memprovokasi orang-orang Indonesia yang berjuang.

Namun demikian peluang yang sama ada untuk seluruh Indonesia. Namun banyak orang mudah terangsang oleh protes yang menyerukan kekerasan. Sayangnya banyak yang meninggal selama bertahun-tahun sebagai hasilnya.

Saya jatuh cinta dengan Indonesia dan kembali berkali-kali. Saya terutama mengingat waktu saya berbicara di Timor Timur selama perang tahun 2000, sebelum Perserikatan Bangsa-Bangsa memberi mereka kedaulatan nasional. Itu adalah masa kesusahan dan keresahan, karena perang membunuh banyak orang yang tidak bersalah. Syukurlah Timor Leste, seperti yang sekarang disebut, adalah tanah yang berdiam dengan damai.

Ketika tsunami melanda pulau Sumatera, saya tergerak oleh rasa iba untuk menemukan jalan ke Banda Aceh. Provinsi pemberontak lama di Indonesia telah secara historis membunuh para pembangkang dan pemimpin agama dari agama lain. Akhirnya para pemimpin Banda Aceh melarang pekerja bantuan internasional sama sekali.

Itu semua berubah ketika Banda Aceh dan kota-kota yang berbatasan hancur oleh tsunami. Pekerja bantuan internasional dari seluruh dunia tiba-tiba disambut dengan tangan terbuka, melambaikan tangan, dan wajah tersenyum.

Saya bertemu pria yang kehilangan hingga lima anak dan istri mereka dalam satu hari. Seorang pria Muslim mengatakan kepada saya bahwa dia menangis selama dua bulan berturut-turut.

Berupaya untuk melakukan apa yang dapat saya lakukan dengan sedikit keuangan yang saya miliki, kami membantu seorang pemuda Muslim membangun kembali rumahnya. Rumahnya telah diratakan oleh tsunami dan dia hanyut ke puncak gunung terdekat ketika ombak menyapu.

Itu tidak kekurangan keajaiban bahwa mereka yang masih hidup selamat. Ketika mereka semua berkumpul bersama untuk membangun kembali rumah mereka, penundaan birokrasi dari pemerintah menghambat kemajuan. Meskipun demikian banyak yang mulai membangun dengan atau tanpa otorisasi.

Tuduhan lain kemudian muncul bahwa pejabat pemerintah yang korup secara nasional dan lokal mengantongi sumbangan amal dan tidak mendapatkan mereka yang paling membutuhkan. Korupsi seperti ini tersebar luas di seluruh Indonesia sebagaimana terbukti oleh infrastruktur yang buruk dan rusak di seluruh negeri.

Suap sayangnya merupakan hal yang biasa. Yang lebih meresahkan adalah epidemi narkoba yang saya saksikan di antara para pemuda, banyak di antaranya menggunakan ekstasi. Dikatakan sekitar 15.000 remaja meninggal setiap tahun akibat overdosis ekstasi.

Pulau Jawa juga memiliki masalah dengan prostitusi. Bukan sesuatu yang Anda harapkan dari pemerintah Islam.

Bom Bali di mana disko dibakar dan turis yang tewas mengirimkan ketakutan ke seluruh pariwisataindustri. Ketika ekonomi semakin menukik, pemerintah dan polisi Indonesia dengan cepat menanggapi elemen-elemen teroris yang berusaha untuk menggagalkan stabilitas nasional.

Bahaya teroris tetap ada di daerah-daerah terpencil di Indonesia, karena orang tidak pernah tahu kapan seorang radikal menyerang. Namun keseluruhan Indonesia sangat damai, sopan, dan hangat terhadap orang asing.

Saya sering merasa seperti bintang film di mana-mana saya pergi di Indonesia ketika orang-orang berteriak kepada saya dengan sukacita berharap mendapat ombak atau tersenyum sebagai balasannya.

Rasa manis dan ketulusan orang-orang mencuri hatiku. Meskipun saya seorang warga negara Amerika yang terlahir, saya meninggalkan hati saya di Asia. Setiap kesempatan yang saya dapatkan, saya dengan senang hati dan sepenuh hati kembali ke benua di mana dua pertiga penduduk dunia hidup.

Di sini di rumah di Amerika saya bertahan hidup, tetapi jauh di timur saya berkembang! Asia adalah tempat hatiku menjadi hidup!

No comments